Ini Daftar Harga Mobil Listrik yang Dijual di Indonesia, Solopos

Mobil listrik di Indonesia akan mendapat manfaat PPnBM gratis. Dengan begitu, harga mobil listrik menjadi lebih murah karena tidak dikenakan PPnBM. PP No. 74 Tahun 2021 menyebutkan kendaraan listrik baterai dan sel bahan bakar dikenakan tarif 15% dengan  pengenaan pajak 0%. Artinya, PPnBM tetap sebesar 0% untuk mobil listrik dan sel bahan bakar, Solopos.

Keuntungan lain dari memiliki mobil listrik antara lain bebas dari aturan ganjil genap di Jakarta, bebas pajak balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB), ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi apapun. Keunggulan lain kendaraan listrik adalah ketersediaan suku cadang yang lebih sedikit. Perawatannya mudah dengan suku cadang yang lebih sedikit.

Biaya operasional mobil listrik lebih irit dibandingkan mobil bensin. Misalnya saja Tesla Model 3 yang diklaim hanya membutuhkan biaya pengisian sebesar Rp 70.000 dari kosong hingga penuh. Jika baterainya penuh, kendaraan listrik mampu menempuh jarak hingga 400 km. Perbedaannya cukup signifikan dibandingkan mobil bermesin bensin atau diesel yang membutuhkan biaya ratusan ribu rupiah untuk menempuh jarak yang sama.

Saat ini terdapat beberapa mobil listrik yang dijual di Indonesia. Faktanya, mobil listrik di Indonesia saat ini dijual di bawah Rp 500 juta.

Mobil listrik termurah saat ini adalah mobil listrik mungil yang mampu memuat dua penumpang, yakni Renault Twizy. Mobil listrik berkapasitas dua penumpang yang dibatasi hanya 30 unit di seluruh Indonesia ini dijual Rp 400 juta.

Ada pula mobil listrik komersil murah yang dirilis DFSK. Paling murah, harga mobil listrik DFSK kurang dari Rp 500 jutaan.

Selain DFSK, ada juga mobil listrik yang dinilai terjangkau saat ini, seperti jajaran mobil listrik dari Hyundai. Pabrikan asal Korea Selatan itu meluncurkan dua model mobil listrik, baik dalam bentuk sedan maupun crossover, yakni Hyundai Ioniq Electric dan Hyundai Kona Electric. Mobil listrik Hyundai dijual Rp 600 jutaan.

Kendaraan listrik lainnya berasal dari merek mobil mewah. Harganya lebih dari Rp 1 miliar.

Berikut daftar harga mobil listrik di Indonesia

Harga Mobil Listrik Renault
Renault Twizy : Rp. 408.000.000
 

Mobil Listrik DFSK Gelora E
DFSK Gelora E-BV: Rp. 480.000.000
DFSK Gelora E-MB : Rp. 510.000.000

Mobil Listrik Hyundai
Hyundai Ioniq Electric Signature AT: Rp677.000.000
Hyundai Ioniq Electric Prime seharga Rp. 637.000.000
Hyundai Kona Electric: Signature SA Rp. 697.000.000

Mobil Listrik Lexus
Lexus UX300e: perkiraan harga Rp 1,245 miliar

Mobil Listrik BMW
BMW i3s: mulai dari Rp 1.350.000.000

Mobil Listrik Tesla
Tesla Model 3: Rp. 1,5 miliar
Tesla Model S Jarak Jauh: Rp 3 miliar
Tesla Model S Plaid: Rp 4 miliar
Tesla Model S Plaid+: Rp 4,4 miliar
*Harga Tesla di atas belum termasuk opsi tambahan.